UKM Kerudung Muslimah

Desa Gemulung mempunyai masyarakat yang mayoritas beragama Islam. Nuansa Islami sangat jelas terasa di desa yang terkenal dengan penghasil gula merah ini. Tidak mengherankan apabila Unit Kegiatan Masyarakat ( UKM ) kerudung muslimah menjadi salah satu UKM yang masih mampu bertahan di tengah kondisi perekonomian dan permintaan pasar yang pasar surut.

UKM Kerudung milik Pak Zulikan adalah salah satu contoh UKM yang masih beroperasi sampai saat ini. UKM yang sudah berdiri sejak 7 tahun lalu ini mampu memproduksi 70 sampai 100 buah kerudung per harinya, dengan kisaran harga untuk tiap kerudungnya Rp 8.000 – Rp. 25.000 . Jumlah produksi ini meningkat hingga 3 kali lipat pada bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha hingga mencapai 300 – 400 buah per harinya.

Namun seperti kebanyakan Usaha Industri Rumah Tangga lainnya yang masih terbentur dengan modal dan promosi produk ke daerah-daerah yang lebih luas lagi, UKM Kerudung Muslimah milik Pak Zulikan ini pun mengalami hal yang sama.

Sistem dan cara pembayaran yang tidak dibayarkan langsung secara penuh di muka yang dilakukan oleh pembeli, mau tidak mau berdampak pada pertumbuhan jumlah produksi dan pemasaran produk-produk kerudung yang biasa dipasarkan ke kota solo ini terhambat.
Dengan adanya sistem pembayaran kredit yang dlakukan oleh pembeli membuat produsen kurang berani untuk mengembangkan kreasi dan produksi kerudungnya karena terbatasnya dana yang ada. Untuk itulah UKM Kerudung Muslimah di desa Gemulung ini sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah, terutama Pemda Kabupaten Jepara.

Iklan

1 Komentar

  1. mobil88 said,

    26 Januari 2010 pada 17:08

    Anda luar biasa..teruslah menulis !!
    http://mobil88.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: